Kamis, 14 November 2019

(Sam Saimun, salah satu penyanyi legendaris Indonesia)

Salah satu penyanyi legendaris yang saya kagumi adalah sosok Sam Saimun, yah saya memang penggemar lagu selo tahun 50-an. Sam Saimun lelaki bersuara emas ini lahir ditahun 1924, tak banyak yang dapat diketahui tentang penyanyi bersuara merdu yang bila bersenandung terkadang mengingatkan orang pada penyanyi legendaris luar negeri Nat King Cole. 

Sam adalah seorang penyanyi yang multi talent, ia mampu membawakan lagu pop sebagus menembangkan lagu keroncong, hebatnya lagi ia dapat disejajarkan dengan raksasa keroncong dan Pop indonesia maupun Pop Melayu seperti Ismail Marzuki, Maladi, Gesang, Waldjinah, Bing Slamet, P. Ramlee dan Titiek Puspa. 

Sam sendiri merupakan penyanyi aktif dari 1939 hingga tahun 1970. Dalam berkarir setidaknya ia pernah bermukim pada label perusahaan rekaman Bali Record, Canary Record dan Lokananta.

Saya “berkenalan” dengan alyarham Sam Saimun melalui karyanya yang menawan hati, seperti: Lukisan Malam, Diwajahmu Kulihat Bulan, Juwita Malam, DiSudut Bibirmu, Kasih Tak Terbalas, Pujaan Kalbu, Keroncong Moritsku dan Suara Asmara. (Zee)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar