Kamis, 14 November 2019

Artikel: Hikayat Bunga Sakura di Musim Semi.

Walaupun bukan seorang flowris, alias pencinta bunga, jauh dalam hati saya, saya sangat mengagumi bunga sakura, bagi saya bunga sakura adalah salah satu bunga paling cantik di belahan dunia ini.

Saya mempunyai impian kecil, suatu hari bisa melihat keindahan bunga sakura yang tengah berbunga di musim semi, duduk dibawah pohonnya sambil menikmati alunan koto dan sakuhaci, ah pasti indah sekali momen itu, apa lagi bisa memandang gunung fujiyama yang legendaris itu.

Dalam setiap tarikan kelopaknya yang bermekaran dimusim semi, sakura menyimpan hikayatnyan sendiri…

Asal-usul kata "sakura" adalah kata "saku" dalam bahasa jepang artinya "mekar") ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra", jadi kurang lebih bunga yang bermekaran. Orang inggris menyebut bunga yang indah ini dengan nama cherry blossoms. Bagi orang jepang Bunga sakura melambangkan kelembutan, ia merupakan salah satu ikon nasional Jepang.

Bunga sakura itu kawan, memiliki beberapa jenis, dan tiap dari mereka mempunyai ciri khasnya masing-masing.
Ciri khas sakura jenis someiyoshino adalah bunganya yang lebih dahulu mekar sebelum daun-daunnya mulai keluar. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan batang pohon yang berada di lokasi yang sama, bunganya mulai mekar secara serentak dan rontok satu per satu pada saat yang hampir bersamaan.


Bunga dari pohon jenis yamazakura mekar lebih lambat dibandingkan jenis someiyoshino dan bunganya mekar bersamaan dengan keluarnya daun-daun muda.

Sebagian besar jenis pohon sakura merupakan hasil persilangan, misalnya jenis someiyoshino yang tersebar di seluruh Jepang sejak zaman Meiji adalah hasil persilangan pohon sakura di zaman Edo akhir. Sakura jenis someiyoshino inilah yang sangat tersebar luas, sehingga kebanyakan orang hanya mengenal someiyoshino (yang merupakan salah satu jenis sakura) sebagai sakura.
Pada zaman dulu sebelum ada jenis someiyoshino, orang Jepang mengenal bunga sakura yang mekar di pegunungan yang disebut yamazakura dan yaezaki no sakura sebagai sakura. Di saat mekarnya bunga sakura, ribuan batang pohon Yamazakura yang tumbuh di Pegunungan Yoshino (Prefektur Nara) menciptakan pemandangan menakjubkan warna putih, hijau muda, dan merah jambu.
Beberapa jenis sakura:

• Edohigan
Edohigan adalah sakura yang mekar di Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan edohigan adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi. Miharutakizakura adalah salah satu jenis edohigan yang rantingnya menjuntai-juntai, sedangkan yaebenishidare dikenal daun bunganya yang banyak dan warnanya yang cerah.

• Hikanzakura
Hikanzakura atau disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakura banyak ditemukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa. Bagi orang Okinawa, kata "sakura" sering berarti hikansakura. Pengumuman mekarnya bunga sakura di Okinawa biasanya berarti mekarnya hikanzakura. Di Okinawa, kuncup bunga hikanzakura mulai terbuka sekitar bulan Januari atau Februari. Di Pulau Honshu, hikanzakura banyak ditanam mulai dari wilayah Kanto sampai ke Kyushu dan biasanya mulai mekar sekitar bulan Februari atau Maret.

• Shidarezakura
Shidarezakura adalah sakura yang bunga dan cabang-cabang pohonnya mengarah ke bawah seperti sedang berjatuhan atau dalam bahasa inggris disebut dengan istilah "weeping cherry trees". Sakura jenis ini ada yang memiliki lima mahkota bunga dan lebih dari lima mahkota bunga atau disebut yaeshidarezakura. Sakura ini mekar pada akhir bulan Maret dan awal bulan April.

• Fuyuzakura
Fuyuzakura (sakura musim dingin) adalah jenis pohon sakura yang bunganya mekar sekitar bulan November sampai akhir bulan Desember. Onishimachi di Prefektur Gunma adalah tempat melihat fuyuzakura yang terkenal.

Sumber rujukan:

id.wikipedia.org/wiki/Sakura
www.kompas.com/.../hanami.menikmati.bunga.sakura.bermekaran
blog.sanriotown.co.id/.../bunga-sakura-sakura-no-hana/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar